KASUS DIARE MENINGKAT DI ALAK Featured

Ditulis Oleh | Minggu, 05 Agustus 2018 16:51 | Dibaca : 94 Kali | Terakhir Diperbaharui : Minggu, 05 Agustus 2018 17:22
Diare Diare pixabay

Puskesmas Alak mulai menggalakan penyuluhan kesehatan tentang diare pada masyarakat. Sasaran penyuluhan ini adalah masyarakat yang berkunjung ke puskesmas maupun ibu-ibu yang berkunjung di posyandu.


Penyuluhan kesehatan ini bertujuan  untuk meningkatkan kesadaran masyarakan tentang PHBS sehingga dapat menekan angka kejadian diare. Kasus diare pada anak maupun dewasa mengalami peningkatan kasus pada bulan Juli 2018. Kujungan pasien dengan keluhan diare pada bulan Juli 2018 tercatat meningkat 2 kali lipat dari kunjungan pasien diare pada bulan Juni 2018.

 

Diare adalah kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit.

Diare dapat mengakibatkan penderita mengalami dehidrasi  akibat kehilangan banyak cairan dari tubuh. Oleh sebab itu diare tidak boleh dianggap enteng walaupun kondisi ini umum terjadi

Penanganan diare yang dapat dilakukan dirumah adalah dengan pemberian larutan oralit. Larutan oralit dapat diracik sendiri dirumah dengan cara : 1 sdt gula pasir + ¼ sdt garam dan dilarutkan dalam 200 ml air matang

Larutan oralit dapat langsung diminumkan pada pasien setiap kali BAB cair.(AS)

 

kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.