INOVASI PUSKESMAS ALAK : PUSKESMAS RAMAH LANSIA Featured

Ditulis Oleh | Jumat, 27 Juli 2018 03:31 | Dibaca : 636 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 27 Juli 2018 03:39
Kegiatan Lansia Kegiatan Lansia doc.pustu tenau

Puskesmas memiliki program pokok dan program penunjang pengembangan dalam melaksanakan pelayanan dilapangan.


Upaya kesehatan lanjut usia adalah salah satu program pengembangan puskesmas. Data Dinas Kesehatan Kota kupang menunjukkan bahwa jumlah penduduk kota kupang Tahun 2016 berjumlah 402.286 orang dimana 15,3% penduduk adalah penduduk dengan kategori lansia (>45 tahun). Penduduk yang berusia 4549 tahun berjumlah 19.836 orang, usia 50-54 tahun berjumlah 15.299 orang, usia 55 – 59 tahun berjumlah 10.669 orang, usia 60-64 tahun berjumlah 6.205 orang, usia 65-69 tahun berjumlah 4.089 orang, usia 70-74 tahun berjumlah 2.791 orang, dan usia >75 tahun berjumlah 2.861 orang (Profil Dinas Kesehatan Kota Kupang, 2016).

Jumlah lansia di wilayah puskesmas alak pada tahun 2016 berjumlah 1.371 orang dimana 458 orang sudah mendapatkan pelayanan kesehatan oleh puskesmas Alak (Profil Dinas Kesehatan Kota Kupang, 2016). Puskesmas Alak adalah salah satu puskesmas yang berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kota Kupang yang memiliki inovasi dalam pelayanan kesehatan terhadap lansia. Puskesmas Alak merancang suatu program inovasi dengan menyediakan pelayanan kesehatan khusus bagi lansia dikomponen terdepan dimana Puskesmas Alak menjadi Puskesmas Ramah Lansia. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap lansia sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lansia sehingga lansia dapat menjalani masa tua dengan bahagia, berdaya guna dalam kehidupannya baik di lingkungan keluarga maupun di masyarakat.

Dalam rangka mendukung inovasi Puskesmas Alak menjadi Puskesmas Ramah Lansia ini, puskesemas Alak berupaya menyediakan fasilitas dan program baik di dalam maupun di luar puskesmas sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh lansia.

Fasilitas penunjang puskesmas ramah lansia yang telah disediakan oleh puskesmas alak antara lain : adanya loket pendaftaran dan nomor antrian khusus untuk lansia, ruang pengkajian dan poli Lansia, kursi tunggu untuk lansia dengan sandaran, kegiatan senam lansia serta penyuluhan kesehatan di puskesmas. Sedangkan untuk kegiatan luar gedung telah dibentuk lebih dari 1posyandu lansia di setiap keluarahan dengan kader khusus lansia, kegiatan pengobatan dan penyuluhan kesehatan yang diadakan 1 kali dalam sebulan serta kegiatan senam lansia disetiap posyandu lansia di masing-masing kelurahan.

Rancangan inovasi ini diharapkan nantinya mampu menjadikan puskesmas alak sebagai unit pelayanan kesehatan terdepan yang dapat meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan bagi lansia sehingga lansia dapat menjalani masa tua dengan bahagia, berdaya guna dalan kehidupannya baik di lingkungan keluarga maupun di masyarakat

kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.