INI AKIBATNYA BILA LUPA SARAPAN PAGI Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 06:57 | Dibaca : 77 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 26 Juli 2018 07:11
jangan lewatkan sarapan pagi jangan lewatkan sarapan pagi pixabay

Apakah Anda terlalu sibuk di pagi hari sehingga sering melewatkan sarapan atau memang Anda tidak biasa sarapan sepagi itu dengan alasan belum atau tidak nafsu makan. Terlepas apapun alasannya, banyak penelitian membuktikan bahwa melewatkan sarapan tidak baik bagi kesehatan dan dapat membuat Anda rentan mengalami masalah kesehatan.

 

Seperti dikutip dari Times of India, berikut beberapa efek yang terjadi pada tubuh jika Anda tidak sarapan atau melewatkan sarapan. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di sini :

Melewatkan sarapan ternyata dapat meningkatkan risiko diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menemukan bahwa wanita yang tidak sarapan memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Ini karena melewatkan sarapan dikaitkan dengan gangguan intoleransi glukosa, prediabetes dan diabetes.

Mungkin Anda berpikir bahwa melewatkan makan pagi dapat membantu menurunkan berat badan. Siapa bilang? Itu cuma mitos. Justru telah dibuktikan bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan, cenderung makan berlebihan. 

Nah, berbeda dengan orang yang sarapan, ada penelitian yang membuktikan bahwa orang yang rutin sarapan, bisa menjaga berat badan sehatnya.

Melewatkan sarapan juga dikaitkan dengan penurunan metabolisme. Ketika setiap sarapan dilewati, itu berdampak pada fungsi tubuh. Tubuh Anda mengurangi tingkat metaboliknya untuk mengkompensasi pembatasan kalori.

Jika Anda tidak makan untuk durasi yang lebih lama, itu akan memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk membakar kalori.

Melewatkan sarapan atau kelaparan untuk waktu yang lama dapat memengaruhi suasana hati Anda dan membuat Anda mudah marah atau biasa disebut dengan istilah 'hangry'.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pria yang sarapan setiap hari, memiliki suasana hati yang positif daripada mereka yang melewatkan makan pagi mereka. Melewatkan sarapan dapat menurunkan kadar gula darah, menyebabkan iritabilitas dan dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala.

Yah, melewatkan makan tidak hanya buruk untuk kesehatan Anda tetapi juga buruk untuk kehidupan sosial Anda. Kok bisa? Ya, ini karena melewatkan sarapan akan menyebabkan napas Anda menjadi bau.

Makan sarapan merangsang produksi air liur dan membantu menghilangkan bakteri dari lidah Anda. Jadi ketika Anda tidak sarapan membuat produksi air liur tidak optimal. Alhasil, mulut Anda menjadi bau tidak sedap.

 

 Sumber : detikhealth


kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.