PAHLAWAN ASI EKSKLUSIF Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 06:26 | Dibaca : 50 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 26 Juli 2018 06:50
Ibu pejuang ASI Ibu pejuang ASI pixabay

Air Susu Ibu (ASI) eksklusif adalah air susu ibu yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selama enam bulan, tanpa menambahkan dan atau mengganti dengan makanan atau minuman lain (kecuali obat, vitamin dan mineral) (Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012). Kandungan dalam ASI yang sangat lengkap menjadikan ASI sebagai makanan terbaik bayi bayi.


Adapun manfat ASI bagi bayi yang diberi ASI eksklusif antara lain : 1)Komposisi sesuai kebutuhan bayi, 2) Jumlah Kalori dalam ASI dapat memenuhi kebutuhan bayi sampai usia enam bulan, 3) Fungsi proteksi bagi bayi, 4) ASI dapat mempercepat perkembangan psikomotorik bayi, 5) Mendukung fungsi perkembangan kognitif bayi, 6) Mendukung fungsi perkembangan emosi bayi. Manfaat memberikan ASI eksklusif bagi ibu antara lain : 1) Mencegah terjadinya perdarahan pasca persalinan dan mempercepat rahim ibu untuk kembali ke bentuk semula, 2) Kejadian anemia defisiensi zat besi dapat dicegah, 3) Membantu ibu untuk menurunkan berat badan pasca hamil, 4) Menunda kesuburan, dan 5) dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi dan meningkatnya kepekaan ibu. Sedangkan dampak yang dirasakan oleh keluarga apabila Ibu memberikan ASI secara eksklusif antara lain: 1) Mengurangi pengeluaran biaya tambahan karena keluarga tidak perlu mempersiapkan dana khusus untuk membeli susu formula, 2) Mengurangi biaya tambahan untuk berobat bagi bayi karena bayi yang mendapat ASI eksklusif akan jarang sakit.

Agar dapat menyusui secara eksklusif, ibu wajib memperhatikan beberapa prinsip dalam menyusui, yaitu :

  1. Posisi dan perlengkatan payudara ibu dan mulut bayi yang benar : Posisi Tubuh ibu tersangga dengan baik, Kepala dan tubuh bayi dalam posisi lurus, Kepala bayi menghadap ke dada ibu sedangkan badan bayi menghadap ke badan ibu, Dagu bayi menempel pada payudara ibu. Posisi mulut bayi terbuka, bibir bayi bagian bawah terbuka kearah bawah putting susu, lidah bayi berada tepat dibawah putting susu. Aerola bagian atas akan lebih Nampak dari pada aerola bagian bawah. Apabila posisi perlekatan tepat maka bayi akan menunjukkan isapan ASI secara dalam, teratur dan sesekali diselingi istirahat. Saat bayi menyusu, hanya akan terdengar suara bayi menelan ASI.
  2. Menyusui minimal 8 kali selama 24 jam
  3. Ibu harus menyusui bayinya pada payudara kiri dan kanan secara bergantian. Saat menyusui salah satu payudara terlebih dahulu. Jika terasa sudah kosong maka boleh berpindah ke payudara yang lain. Tujuan dari pengosongan payudara adalah untuk mencegah pembengkakan payudara, meningkatkan produksi ASI dan komposisi ASI yang lengkap diperoleh bayi
kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.